Minggu, Agustus 07, 2011

Dua Desa Stop BAB di Sembarang Tempat, Dikunjungi Direktur Penyehatan Lingkungan

Ku ingin program ini bisa sukses
Cuci tangan… pakai sabun
Cuci tangan …sebelum makan
BAB di jamban o o
Buang sampah ditempatnya o o
Jagalah kebersihan o o
Supaya kita sehat o o

Itulah sepenggal lagu siswa siswa SDN Growong.

Dua desa yang telah melakukan deklarasi Stop Buang Air Besar Di Sembarang Tempat di Kabupaten Magelang Provinsi Jawa Tengah telah dikunjungi oleh Direktur Penyehatan Lingkungan Kementerian Kesehatan (Bapak Wilfried H Purba) yaitu di desa Pringombo dan Growong Kecamatan Tempuran pada 6 Agustus 2011.
Ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi tingginya atas prestasi dua desa yang telah mendapat program Pamsimas tahun 2010, dengan semangat tinggi dan kerjasama dapat memperluas pelanggan air dan memotivasi warga desa untuk stop buang air besar di sembarang tempat dalam rangka kehidupan yang lebih baik serta tidak mengira sambutan yang begitu hangat dari Kepala desa dan warga Pringombo dan Growong.
Acara bertempat di Balai desa Pringombo, selain sambuatan dari Kades, pengelolaan BPSPAMS dan kisah sukses CLTS juga pembacaan ikrar PHBS siswa SD/MI serta gerak lagu sanitasi dan cuci tangan oleh siswa SD Growong.
Setelah acara di Balai desa dilanjutkan dengan kunjungan ke sekretariat LKM/BPSPAMS, rumah penduduk yang telah membangun jamban, menanyakan bagaimana perasaan setelah buang air besar di jamban, melihat kartu monitoring air dan sanitasi, melihat prasasti Stop BAB sembarangan, demo cuci tangan pakai sabun di MI Pringombo. Desa Growong juga dilakukan kunjungan ke penampungan air dan kunjungan ke penduduk.
Dalam kesempatan tersebut hadir Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Magelang (dr. Hendarto),Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah (dr. Djoko Mardijanto), PMAC HHS,Trainer CLTS Provinsi, DMAC Kabupaten Magelang, Tim Koordinasi Kabupaten, Camat Tempuran (Darmono) dan Kodim, Kepala Puskesmas dan sanitarianPuskesmas Tempuran, Fasilitator Masyarakat (Kesehatan), Kepala Desa Pringombo dan Growong beserta warga dan anak sekolah (SD Growong dan MI Pringombo).

Seksi Penyehatan Lingkungan
Dinas Kesehatan Kabupaten Magelang dan Provinsi Jawa Tengah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar